Uncategorized

[Kuliner] Jika Kamu Ke Korea, Jangan Lupa Cicipi Masakan Yang Satu Ini!

6Views

Restoran-restoran Korea sudah menyebar luas di negeri kita, makanan seperti Kimchi, Tteokbokki, Bibimbab, dan Jajangmyeon begitu mudah didapatkan di sini. Tapi, bagaimana dengan makanan yang satu ini? Yup, sebut saja Beondegi!

Beondegi dalam bahasa Korea secara harafiah berarti pupa atau kepompong. Beondegi adalah kuliner jalanan Korea Selatan yang merupakan kepompong ulat sutra yang direbus atau dikukus dalam panci besar. Jadi, temen-temen bisa dengan mudah menemukan Beondegi ini di pedagang street food di pinggir jalan atau di pasar-pasar tradisional. Bahkan Beondegi kalengan pun ada di supermarket yang sebelum dikonsumsi harus direbus dulu. Orang Korea sendiri sangat suka dengan makanan ini sebagai teman minum soju. Meski untuk orang asing rasa Beondegi termasuk unik dan menjijikkan bagi yang belum terbiasa, tapi untuk orang Korea rasa unik kepompong ini sangat pas untuk mengimbangi kerasnya minuman beralkohol.

Beondegi dimasukkan di dalam panci yang berisi air panas, sesekali penjual Beondegi akan menyiram kembali dengan air agar tidak gosong. Harga makanan kecil ini lumayan murah, Beondegi biasanya disajikan di dalam wadah kertas seperti cangkir, kalau di indonesia seperti wadah kacang rebus yang dicorongkan. Rasanya renyah di bagian kulit dan lembut di bagian dalam. Baunya yang khas sudah tercium dari jarak 10 meter, jadi akan sangat mudah kalau temen-temen mau nyari cemilan ini di jalanan. Kalau temen-temen kurang suka dengan rasa yang original, sekarang sudah banyak Beondegi yang dikasih gula atau kecap untuk menambah citarasanya.

Seperti layaknya makanan kuliner serangga di penjuru dunia, salah satu alasan mengapa mereka gemar sekali dengan bahan makanan ajaib satu ini adalah karena kandungan proteinnya. Ketika jaman Perang Dunia dulu, makanan sangat sulit untuk didistribusikan. Oleh karena itu agar para tentara tidak kekurangan gizi, maka berbagai bahan makanan darurat pun mereka makan termasuk salah satunya adalah Beondegi ini. Makanya di Korea Selatan sendiri Beondegi lebih banyak dikonsumsi oleh para orang tua yang membuat mereka merasakan nostalgia waktu masih kecil dulu.

Leave a Reply

X