Daebak

5 Platform Webtoon yang Populer di Korea

 

 

Webtoon adalah singkatan dari ” web ” dan “kartun” yang menggambarkan kartun digital yang di distribusikan melalui internet. Webtoon (웹툰), juga dikenal sebagai komik daring awalnya dibuat di Kore selatan.

Ada banyak jenis cerita yang ditampilkan di webtoon  mulai dari kisah romantis, gaya hidup , fantasy dan action. Dan tentunya cerita itu dikemas hingga sedemikan rupa sehingga para pembaca menantikan serial terbaru setiap minggunya. Para pembaca pun pastinya memiliki selera berbeda tentang jenis cerita dari webtoon itu sendiri.

Webtoon sudah menjadi hiburan tersendiri di korea, bahkan beberapa webtoon sudah diangkat ke ranah film dan drama. Sebut saja ” chesse in trap ” drama yang di perankan oleh park hae jin ini  merupakan drama yang diangkat dari serial webtoon karangan soonkki.

Dahulu , banyak kartunis memposting karya asli mereka di blog , sampai pada akhirnya yahoo korea menciptakan layanan webtoon yang di sebut ” cartoon world ” pada Maret 2002 , diikuti oleh Daum pada 2003 dan Naver pada 2004. Webtoon menjadi sangat mudah diakses ketika teknologi telah dikembangkan. Hari ini , siapapun yang memiliki akses internet dapat membaca webtoons dimana saja dan kapan saja.

Berikut 5 situs webtoon populer di korea :

  1. Lezhin Comics

Lezhin komik merupakan portal pertama yang menjalankan layanan webtoon berbayar, dan sekarang menjadi platform webtoon paling berbayar di Korea. Karena kebebasan yang diberikannya, Lezhin menarik banyak penulis yang terkenal dengan webtoons PG. Lezhin Comics menyediakan sekitar 150 webtoons dalam Bahasa Inggris. Lezhin komik didirikan pada tahun 2012.

2. Naver Webtoon

Naver webtoon didirikan pada tahun 2004. Naver webtoon adalah salah satu platform webtoon paling populer dengan sekitar 40 juta pengguna bulanan. Pada tahun 2018 jumlahnya sudah mencapai 5 miliar. Naver webtoon sangat populer di jepang  dan  Asia Tenggara.

3. Daum Webtoon

Daum webtoon didirikan pada tahun 2003 dan menjadi salah satu platform webtoon tertua di korea. Pada tahun 2004 , kangfull’s Romatic comic menjadi sukses dengan mencapai 3,2 juta pengunjung. Daun webtoon sendiri memiliki sekitar 7 juta pengguna per bulannya.

4. PikiToon

PikiToon adalah Ente webtoons. Tidak seperti platform lain, ini mengintegrasikan animasi dan panorama di webtoons, dan memungkinkan pembaca untuk berbagi dan mengomentari setiap slide. PikiToon meminjam ide webtoon berbasis slide dari Naver Webtoon, tetapi kemudian ide-ide ini diadopsi oleh Naver Webtoon. Namun, itu kurang populer dibandingkan dengan platform lain karena kurangnya webtoons berkualitas tinggi.

5.Comica

Comica adalah salah satu platform webtoon terbaru yang diluncurkan. Comica didirikan pada tahun 2016.  Meskipun ini baru, comica menyediakan banyak webtoon gaya berkualitas tinggi dan belum pernah terjadi sebelumnya. Baru-baru ini Comica menjangkau pasar Indonesia dan sekarang menyediakan layanan dalam bahasa Korea, Jepang, Cina, Indonesia, dan Spanyol.

Source :

http://www.techforkorea.com/2018/01/22/top-5-korean-webtoon-portals/

wikipedia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close