Coverage

Kunjungan Pertama Pastry Chef Justin Lee ke Indonesia Hidangan Penutup Modern dengan Sentuhan Keaslian Korea

Pada akhir April 2019, Korean Cultural Center Indonesia mengundang Pastry Chef ternama Korea, Chef Justin Lee ke Indonesia. Chef yang baru perama kali berkunjung ke Indonesia ini menyajikan hidangan penutup modern dengan sentuhan keaslian bahan dari Korea.

Dessert Making Performance with Chef Justin Lee _ KCC _ 04

Di Indonesia, Chef Justin Lee tampil dalam empat kesempatan, yaitu Ubud Food Festival di Bali pada 26 & 27 April 2019, serta acara ”Dessert Making Performance with Chef Justin Lee” di Jakarta, yang berlangsung di Hotel Gran Meliá Jakarta dan Korean Cultural Center Indonesia pada 30 April 2019. Kehadiran Chef Justin Lee mendapatkan respons positif, baik dari pencinta kuliner dan pencinta Korea, yang berkesempatan menyaksikan secara langsung peragaan pembuatan pencuci mulut kreasinya.

Dessert Making Performance with Chef Justin Lee _ KCC _ 01 _ Barley Bali

Omija (buah berry dengan lima rasa) dan Sujeonggwa (minuman tradisional yang terbuat dari kayu manis, buah kesemek, sari jahe, madu, dan gula) dibuat dalam bentuk sorbet. Kemudian, minuman tradisional Sikhye (terbuat dari nasi yang difermentasikan dengan tepung ragi dan memiliki rasa manis) dikreasikan menjadi hidangan pencuci mulut yang dibuat menggunakan teknik spherification atau gastronomi molekuler, dinamakan Sikhye Ball.

Dessert Making Performance with Chef Justin Lee _ KCC _ 02 _ Omija Sujeonggwa Nitro Ice and Sikhye Ball

Sentuhan Indonesia juga hadir dalam hidangan pencuci mulut buatan Chef Justin Lee yang dinamakan Barley Bali. Barley Bali merupakan main dessert dengan komposisi yang cukup beragam, yaitu chocolate sorbet, barley infused Bali namelaka cream, ginger crumble, Doenjang caramel, chocolate sponge yang dipanggang di microwave, serta saus yang terbuat dari markisa, mangga, dan pisang. Cokelat dan teh yang menjadi bahan hidangan ini dihasilkan di Bali, Indonesia. Salah satu keunikannya adalah penggunaan Doenjang atau saus kedelai khas Korea yang dipadu karamel, dibuat menjadi saus menggunakan teknik sous-vide.

Dessert Making Performance with Chef Justin Lee _ KCC _ 03 _ Petit Four

Chef Justin Lee juga menghadirkan pencuci mulut Petit Four atau yang dibuat berukuran kecil (satu kali gigit) dengan 3 macam varian. Pertama, Hodugwaja Madeleine, yaitu kue walnut yang dibuat dalam bentuk madeleine. Kedua, Misugaru Macaron, yaitu macaron dengan rasa Misugaru (bahan minuman tradisional Korea yang terbuat dari campuran beragam bubuk biji-bijian). Ketiga, Indonesian Yullan, yaitu bola-bola chestnut dibalur cokelat dan sesuatu yang renyah. Ketiga varian disajikan bersama.

Dessert Making Performance with Chef Justin Lee _ KCC _ 05

Saat memeragakan cara pembuatan hidangan pencuci mulut, Chef Justin Lee kerap berinteraksi dengan peserta acara. Hal ini membuat suasana terasa lebih akrab dan santai.

Tentang Chef Justin Lee, ia memulai karir sebagai koki sejak 2003. Pada tahun 2016, ia membuka gerai JL Dessert Bar pertamanya di Korea. Hingga kini, ia memiliki 7 gerai di berbagai wilayah di Korea, salah satunya di Itaewon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close